Gerakan Sadar Hukum Berlalu Lintas Pada Pelajar dan Guru SMA Negeri 4 Bandar Lampung Dalam Upaya Preventif Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas

sri riski

Abstract


Menurut pemantauan melalui Operasi Zebra Krakatau 2018, pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Kota Bandar Lampung semakin meningkat. Sebagian besar pelanggaran dilakukan oleh pelajar. Banyak pelajar yang belum mengetahui secara jelas mengenai pengaturan berlalu lintas yang baik. Kegiatan gerakan sadar hukum ini dilakukan dengan metode ceramah dan metode diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk menyampaikan materi tentang meningkatnya pelanggaran lalu lintas dan sosialisasi Undang-Undang Lalu Lintas sebagaimana yang diatur dalam UU No.22 Tahun 2009  tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kegiatan ini akan memberikan pengetahuan terhadap UU No 22 Tahun 2009 sehingga pelajar mampu melakukan perbaikan secara individu atau pun kolektif, meningkatkan ketaatan terhadap hukum serta mempunyai pengetahuan beracara di kepolisian.


References


Arief, Barda Nawawi. 1996. Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Bawengan, Gerson. 1979. Hukum Pidana di dalam Teori dan Praktek. Pradnya Paramita. Jakarta.

Fajar Ari Sudewo. 2017. Rekonstruksi pendekatan restorative justice system terhadap anak yang berkonflik dengan hukum yang berbasis nilai keadilan.Program doktor ilmu hukum fakultas hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Iga Serpianing Aroma dan Dewi Retno Suminar. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 1 No. 02.

Lunandi, A.G. 1993. Materi Penataran Metodologi Pengabdian Masyarakat Bagi Staf Pengajar di lingkungan Unila. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Margono, Slamet. 1986. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Unila Pers, Bandar Lampung.

Marpaung, Leden. 1995. Proses Penanganan Perkara Pidana. SinarGrafika. Jakarta

Yodokus Lusius Peu Lelangayaq.2013.Hubungan Antara Persepsi Terhadap Polisi Lalu Lintas Dengan Pelanggaran Lalu Lintas Yang Dilakukan Remaja Di Kota Malang. Universitas Negeri Malang Fakultas Pendidikan Psikologi Program Studi Psikologi.

UU No.4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak

UU No.3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak

UU No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.